Home News Kabar Berita Hari Ini, Berikut Dampak Covid-19 terhadap Bisnis di Indonesia

Kabar Berita Hari Ini, Berikut Dampak Covid-19 terhadap Bisnis di Indonesia

236
0
Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp
Kabar Berita Hari Ini, Berikut Dampak Covid-19 terhadap Bisnis di Indonesia

Kabar Berita Hari Ini, Berikut Dampak Covid-19 terhadap Bisnis di Indonesia. Bulan maret 2020 lalu, virus mematikan yang berasal dari negeri china mulai masuk ke Indonesia. WHO sebagai organisasi kesehatan dunia menetapkan bahwa virus Corona menjadi pandemic global yang harus diselesaikan dalam waktu yang cepat.

Kehadiran covid-19 memberikan dampak yang cukup memprihatinkan terhadap sektor ekonomi. Berdasarkan update berita terbaru, salah satu penyebab dari melonjaknya perekonomian di Indonesia adalah karena terjadinya penurunan jumlah pendapatan dari para pelaku bisnis.

Dampak Covid-19 terhadap Bisnis di Indonesia

Di Indonesia, salah satu bisnis yang yang mendapatkan dampak dari covid-19 adalah bisnis startup. Kehadiran coronavirus ini sangat berpengaruh terhadap laju pertumbuhan startup. Ini disebabkan oleh tersendatnya pertumbuhan ekonomi.

Dampak buruk lain yang juga berpengaruh terhadap sektor bisnis adalah menurunnya jumlah investor yang bersedia untuk menginvestasikan dananya. Tentu, hal tersebut sangat mungkin terjadi karena perusahaan startup akan mengalami penurunan omset dan kinerja. Penurunan tersebut sangat berpotensi pada sulitnya mencapai target bisnis.

Dampak buruk pada berbagai bisnis Ride hailing

Menurut berita hari ini, wabah virus Corona juga diprediksi akan memberikan dampak buruk pada berbagai bisnis Ride hailing. Terancamnya bisnis ini adalah karena hilangnya konsumen akibat peraturan social distancing yang diberlakukan oleh pemerintah setempat. Diberlakukannya protokol kesehatan tersebut tentu akan membuat masyarakat lebih berhati-hati dalam menggunakan transportasi umum ataupun membeli barang secara online.

Dampak covid-19 terhadap sektor bisnis ternyata tidak membuat bisnis di bidang startup sepenuhnya mengalami penurunan. terdapat salah satu jenis start up yang justru mengalami peningkatan di masa pandemi covid-19 ini, yaitu stratup di bidang kesehatan.

Pada beberapa kabar berita terbaru, Anda mungkin sering menemukan anjuran untuk tetap mematuhi protokol kesehatan di masa pandemi seperti saat ini. Anjuran tersebut tentu akan membuat masyarakat mencari cara bagaimana mereka bisa mematuhi anjuran tersebut.

Langkah Efektif untuk Bisnis di Masa Pandemi

Salah satu langkah yang paling efektif untuk mencari cara mematuhi protokol kesehatan adalah dengan melakukan konsultasi secara online. Konsultasi online tersebut biasanya dilakukan pada beberapa website kesehatan. Hal inilah yang akan membuat bisnis startup di bidang kesehatan diuntungkan karena keberadaan covid-19 ini.

Selain bisnis online, covid-19 juga memberikan dampak yang cukup memprihatinkan terhadap Bisnis yang dilakukan secara offline atau biasa dikenal dengan toko. Beberapa toko kelontong terpaksa harus menutup tokonya. Menurut berita terbaru, beberapa wilayah menerapkan aturan pembatasan aktivitas atau pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Aturan pembatasan aktivitas tersebut tentu akan mengakibatkan para pengusaha kehilangan sumber penghasilannya. Dampak covid 19 ini sangat dirasakan oleh para pelaku UMKM. Mereka tentu kehilangan banyak pelanggan karena sebagian besar masyarakat lebih memilih untuk berdiam diri di dalam rumah agar terhindar dari covid-19.

Dampak buruk pada UMKM

Sebagai menteri keuangan, Sri Mulyani mengungkapkan bahwa UMKM terancam tidak akan bisa lagi menjadi penyangga ekonomi di Indonesia. Ungkapan tersebut cukup membuktikan bahwa keberadaan covid-19 ini cukup mengancam bagi setiap pelaku bisnis.

Tidak hanya bisnis kecil mereka yang menjalankan bisnis berskala besar pun terkena dampaknya. Banyak perusahaan yang terpaksa harus merumahkan karyawan nya untuk menekan jumlah pengeluaran perusahaan. Selain pendapatan karyawan yang akan terus berkurang, pendapatan perusahaan pun tentu sangat berpotensi untuk mengalami penurunan.

Penutup

Berbagai dampak covid-19 yang merugikan tak lantas membuat Anda sebagai pelaku bisnis bisa melakukan hal yang tidak seharusnya. Sebagai masyarakat dan pelaku bisnis yang baik mendukung peran pemerintah dalam menstabilkan perekonomian Indonesia adalah salah satu langkah yang paling tepat untuk Anda lakukan. Selalu lakukan pencarian informasi berita terbaru mengenai perkembangan covid 19 agar Anda bisa melakukan penanganan yang tepat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here